Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih SMA Atau SMK Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Tips memilih sma atau smk - pada postingan kali ini saya membahas bagaimana tips memilih sma atau smk , pertanyaan ini sering muncul dalam benak setelah lulus SMP nanti mau lanjutin ke SMA atau SMK, sebenarnya ini tergantung pada pilihan masing masing namun ada juga yang kebingungan karena perbedaan pendapat antara kamu dan orang tua.

jika membahas perbedaan pilihan antara kamu dan orang tua bisa saja harus nurut apa kata orang tua yang meninginkan seukses saat lulus nanti, perdebatan lain yang sering muncul adalah memilih antara  sma dan smk karena beberapa sekolah memang ada yang mahal ada juga yang murah. dari pada bingung mending langsung saja kita bahas tipsnya



Perbedaan SMA Dan SMK


Sebenarnya kedua jenis sekolah tersebut sama namun yang membedakan adalah Cara pembelajaran, jika di SMA biasanya memiliki Jurusan IPS dan IPA yang sifatnya nonteknik beda lagi dengan SMK yeng memiliki banyak pilihan jurusan seperti TKJ ( Teknik Komputer Dan Jaringan ), Multimedia, Otomotif, TPM, Farmasi, Pelayaran, Akuntansi dan bahkan ada banyak lagi yang mungkin belum kesebut.

intinya kita harus menjadi diri sendiri dalam menentukan pilihan, Mau SMA atau SMK sebenarnya sama saja jika kamu punya keahlian dibidang komputer ya silakan masuk ke TKJ atau Multi media begitupun kamu jika suka mesin ya masuk TPM atau ke Otomotif, karena di SMK lebih untuk menggali lebih dalam kemampuan yang kita miliki yang bisa berguna saat masuk dunia usaha nanti, sistem belajar di SMK mungkin 40% teori dan 60% praktek.

lain lagi di SMA biasanya disana memiliki sistem belajar kebanyaka teori karena kebanyakan teman-teman dari SMA lulus masuk kulian bukan langsung terjun ke pekerjaan. an itulah alasan mereka memilih sma daripada smk.

Kelebihan Dan Kekurangan SMA Dan SMK


Kelebihan Sekolah Di SMA


- SMA biasanya menjadi sekolah favorit
- Belajar Lebih Serius Karena Banyak Teori
- Mudah Mendaftar Kuliah
- Kebanyakan Sekolah negri.
-Tidak membayar uang SPP.


Kelebihan Sekolah Di SMK


- Di SMK bisa mengembangkan kemampuan yang kita miliki.
- Banyak Praktek dibanding Teori (Cocok untuk kerja nanti)
- Ada Prakerin / Praktek Kerja Lapangan sesuai jurusan, biasanya di kelas 11.
- Mudah diterima perusahaan saat lulus nanti.

jika masih bingung mau memilih sekolah yang mana, serahkan pada diri masing masing, jika kamu punya kemampuan dan pengen langsung kerja saat lulus nanti bisa masuk SMK dan jika pengen kuliah lebih mengarah ke SMA dan itulah Tips Memilih SMA Atau SMK Serta Kelebihan Dan Kekurangannya semoga bermanfaat dan sukses kedepannya.
Krisdianto
Krisdianto this my bio!