Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Startup, Perkembangan dan daftar startup lokal Indonesia

startup indonesia


Apa Itu Startup?

Startup adalah sebuah perusahaan rintisan yang baru saja di bangun atau belum lama beroperasi, sebagian besar starup dalam masa pengembangan dan mencari pasar yang tepat.

tidak semua perusahaan rintisan bisa dikatakan startup karena kata ini lebih merujuk perusahaan bidang teknologi yang berkembang di dunia internet.

Banyak orang menyangka startup dan unicorn itu sama namun sebuah startup sudah bisa kategorikan sebagai unicorn apabila sudah memiliki nilai valuasi lebih dari US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliun.

Perkembangan startup di Indonesia


di Indonesia sekarang sudah banyak anak muda yang mulai mengenal startup biasanya mereka bergabung komunitas untuk saling bertukar pikiran, hal ini akan memunculkan ide-ide cemerkang lain yang dapat melahirkan potensi besar kedepan nya.

namun di balik banyak nya anak muda yang terjun startup kebanyakan belum berpengalaman dan belum paham betul seluk beluk tujuan bisnis nya sendiri, sehingga akan mempengaruhi perkembangan perusahaan kedepan nya.

Peran Pemerintah sangat dibutuhkan untuk merealisasi keinginan dan potensi pemuda untuk menciptakan inovasi cemerlang yang bermanfaat untuk pengguna nya.

Menurut Presiden Jokowi ia melihat pertumbuah pesat startup di Indonesia yang sudah mencapai ribuan (2.193) belum cukup, Indonesia termasuk salah satu ekosistem startup paling aktif didunia tercatat nomor 5 didunia setelah Amerika, India, Inggris dan Kanada dan paling aktif di Asia Tenggara.

Ia juga mengatakan Indonesia masih memiliki potensi yang bisa dimanfaatkan karena Jaringan internet di Indonesia sudah mulai meluas.

Daftar startup lokal Indonesia yang sukses

ada banyak startup lokal Indonesia seperti Gojek, Buka Lapak, Tokopedia, Akulaku, Ilotte, Pundi X, Dana dan berikut ulasan nya.

Gojek

Gojek merupakan startup yang didirikan pada 13 Oktober‎ ‎2010 oleh Nadim Makarim, perusahaan ini muncul karena pengalaman pribadi nya, ia melihat tukang ojek yang menghabiskan waktu untuk menunggu penumpang, padahal tukang ojek akan mendapatka uang banyak ketika banyak mendapatkan penumpang.

Buka Lapak

Bukalapak merupakan startup di bidang e-commerce atau jual beli online, Didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid pada tahun 2010.

Tokopedia

Tokopedia Didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009, startup ini bergerak di bidang jual beli online.

Akulaku

Akulaku merupakan anak perusahaan: Pt Akulaku Silvrr Indonesia yang didirikan pada 2016.

Kreavi

Kreavi merupakan situs web tempat komunitas pekerja kreatif Indonesia di bidang visual, di website ini para mengguna bisa memamerkan karya nya seperti Illustrasi, desain, foto, animasi dan video.

Dana

Dana merupakan aplikasi keuangan berbasis Jakarta Indonesia di dirikan oleh Eliza Sariatmadja pada 5 Desember 2018.


Krisdianto
Krisdianto this my bio!

Posting Komentar untuk "Apa Itu Startup, Perkembangan dan daftar startup lokal Indonesia"